(0251) 8311342
koperasi.baik@gmail.com
Komplek Pertanian Jl. Siaga No 25 Loji Bogor
blog-img
14/04/2022

TEBAR MANFAAT 1000 KUPON

KSPPS BAYTUL IKHTIAR | Baytul Maal

"Sambut Ramadhan Menabur Kebaikan". Bulan Ramadhan mengingatkan pada kita bahwa hidup ini harus selalu mempunyai nilai ibadah. Setiap langkah kaki menuju masjid ibadah, menolong orang ibadah, berbuat adil pada manusia adalah ibadah. Bulan Ramadhan juga mengajarkan untuk lebih peka dan peduli pada orang lain yang lemah, merasakan lapar dan dahaga. Kita juga diingatkan betapa sedihnya nasib orang yang tidak berpunya, orang terlantar, anak yatim, dan fakir miskin yang hidup serba kekurangan.

Pada bulan Ramadhan tahun ini kita semua masih diberikan ujian oleh Allah SWT dengan adanya wabah Covid 19.  Berbagai upaya untuk mencegah maupun mengurangi penyebaran wabah ini menjadi bagian penting yang harus dilakukan bersama-sama. Pembatasan aktivitas masyarakat menjadi salah satu penyebab belum optimalnya perputaran roda perekeonomian masyarakat.

Situasi tersebut juga menjadi perhatian Baytul Maal Ikhtiar untuk membantu kaum fakir dan lainnya untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan dasar mereka. Dengan ide dan cara sederhana yang Insya Allah dapat menjadi wasilah datangnya kebahagiaan bagi mereka besar kecil pemberian bagi sebagian lain mungkin menjadi ukuran, tapi Baytul Maal Ikhtiar tetap konsisten tanpa ragu membuat konsep agar harta yang terkumpul sebagian bisa tersalurkan kepada yang lebih membutuhkan.

Kegiatan penggalangan dana dilakukan dengan mensosialisasikan program "TEBAR MANFAAT 1000 KUPON SANTUNAN KEPADA  YATIM, JANDA, JOMPO, GURU NGAJI DAN MARBOT dengan cara penjualan kupon sodaqoh sembako. Rencana akan disalurkan sebanyak 1000 kupon dengan harga kupon perlembar Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

   

Adapun prosesnya  pengambilan sembako yaitu dengan menukarkan  kupon ke warung-warung sekitar tempat tinggal para penerima kupon yang telah dikerjasamakan dengan panita penyaluran Hal ini dilakukan dengan tujuan semata-mata untuk menggerakkan ekonomi tingkat lokal, khususnya pemilik warung yang ada pada lokasi kegiatan.  Selanjutnya pihak warung akan melakukan klaim kepada petugas Baytul Maal Ikhtiar.

Dengan demikian, penjualan pada warung akan sedikit terbantu. Petugas-pun akan dimudahkan sehingga tidak membawa barang santunan dari pasar dan yang lebih utama adalah penerima mendapatkan barang secara langsung sehingga diperkenankan memilih barang pokok yang paling dibutuhkan untuknya.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 11 April sampai dengan tanggal 21 April 2022  yang Insya Allah akan dilaksanakan di 22 cabang dan kantor pusat KSPPS Baytul Ikhtiar dengan rincian sebagai berikut :

- Santunan anak yatim sebayak 550 orang 

- Santunan Jompo sebanyak 225 orang

- Santunan untuk marbot mejid/mushola sebanyak 110 orang

- Santunan untuk guru ngaji di pedesaan sebanyak 115 orang

  

Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan Kepala Cabang dan Tenaga Pendamping Lapangan (TPL) KSPPS Baytul Ikhtiar dalam penentuan wilayah sasaran dan penerima santunan. Setiap cabang akan menyalurkan santunan kepada 45 orang penerima masing-masing dengan nilai Rp250.000,00 diberikan secara utuh berupa paket sembako dengan melibatkan sembilan warung sembako dalam penyalurannya.

 

 

 

 

 

Bagikan Ke:

Populer