(0251) 8311342
koperasi.baik@gmail.com
Komplek Pertanian Jl. Siaga No 25 Loji Bogor
blog-img
23/02/2022

Rapat Anggota Tahunan Tahun Buku 2021

KSPPS BAYTUL IKHTIAR | Rapat Anggota Tahunan RAT

Puji Syukur Kehadirat Allah SWT atas Kesehatan & Keselamatan Kita Sampai Dengan Hari Ini Semoga, Senantiasa Allah Curahkan Segala Karunia & Keberkahan-Nya Untuk Kita.

Alhamdulillah pada hari ini Rabu 23 Februari 2022 Koperasi Simpan Pinjam & Pembiayaan Syari’ah Baytul Ikhtiar, atau biasa disebut KSPPS BAIK baru saja selesai melaksanakan kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku Kinerja 2021.

Dalam forum sidang RAT ini dihadiri oleh Seluruh Pengurus yang diketuai oleh Bpk. Latif Efendy, Dewan Pengawas yang diketuai oleh Bpk. H. Ahmad Cholik Hafidz, serta oleh Bpk. Drs.Zafrudin Mukhson sebagai Dewan Pengawas Syariah (DPS). Penyampaian laporan pertanggung jawaban pengurus koperasi tahun 2021 yang dipaparkan oleh Bpk. Syukur Sekarmaji sebagai sekretaris pengurus, serta pemaparan rencana kerja tahun 2022 oleh Ibu Titin Prasetyawati. Serta laporan pengawas maupun DPS oleh masing-masing perwakilan.

Dalam perjalanannya, himpitan kondisi pandemi wabah Covid-19 masih menjadi keterbatasan yang paling utama menjalankan kegiatan perkoperasian. Oleh karenanya, sudah 2 tahun terakhir KSPPS BAIK melaksanakan sidang RAT dengan perhelatan dilakukan melalui online melalui aplikasi rapat online zoom meeting yang diikuti oleh 4 cabang, yaitu Cipanas, Cugenang, Warung Kondang, serta cabang Kabupaten Bandung Barat dengan jumlah anggota sebanyak 40 orang, yang tentunya disertai protokol kesehatan di masing-masing cabangnya.

Forum sidang RAT kali ini juga dihadiri pejabat terkait yaitu Bpk. Nana Rukmana S.E. perwakilan dari Dinas Koperasi Perindustrian & Perdagangan Kabupaten Cianjur dan Ressa Yuda S.IP. yang mewakili Dinas Koperasi & UKM Kabupaten Bandung Barat. Selain Itu hadir juga Petugas Penyuluh Koperasi lapangan (PPKL) Kabupaten Cianjur Ibu Tintin Rustiani.

Tahun 2021 bagi KSPPS Baytul Ikhtiar adalah tahun harapan pertama untuk bangkit dari keadaan pandemi yang telah melumpuhkan sebagian besar sektor usaha perdagangan dan kegiatan usaha kecil. Hal ini cukup berdampak bagi pendapatan rumah tangga anggota, sehingga mempengaruhi tingkat kelancaran pengembalian pinjaman maupun pembiayaan anggota. Terlihat dari hasil laporan keempat cabang ini, di tahun 2019 dan 2020 yang memperlihatkan tingkat ketertunggakan yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelum terjadinya pandemi. Namun Alhamdulillah patut kita syukuri, untuk tahun 2021 meskipun belum signifikan, perlahan terjadi perkembangan positif yang lebih menggembirakan para pengurus dan pengelola KSPPS Baytul Ikhtiar bila dibandingkan tahun sebelumnya. Kebutuhan plafond anggota Cianjur Bandung meningkat 26,5% dari 14,1 Milyar menjadi 17,9 Milyar, begitupun pencapaian simpanan anggota, di tahun 2021 sudah mulai meningkat sebesar 24,3% dari 2,6 Milyar Menjadi 3,3 Milyar bila dibandingkan tahun sebelumnya. Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa telah terjadi progres positif bagi anggota selama satu tahun terakhir. Hal ini patut diapresiasi mengingat koperasi sebagai pendorong kegiatan usaha anggota, sehingga pengurus dan pengelola wajib mempertahankan keberlanjutan lembaga koperasi demi menopang akses kebutuhan masyarakat dalam hal ini anggota KSPPS Baytul Ikhtiar.

Kegiatan RAT kali ini bertema Bangkit Tumbuh Dan Berbagi Bersama Anggota. Tema ini diharapkan mampu menjadi penyemangat KSPPS Baytul Ikhtiar, baik pengurus, pengelola, maupun anggota agar dalam kondisi sesulit apapun senantiasa berikhtiar merubah kondisi menjadi lebih baik lagi, khususnya dalam situasi bertahan saat pandemi ini.

Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi setiap aktivitas KSPPS Baytul Ikhtiar. (Aamiin)

Bagikan Ke:

Populer