(0251) 8311342
koperasi.baik@gmail.com
Komplek Pertanian Jl. Siaga No 25 Loji Bogor
blog-img
20/07/2022

RISET DAN PENELITIAN PEMBUKAAN CABANG JAWA TENGAH

KSPPS BAYTUL IKHTIAR | Kegiatan Internal

Berdasarkan rencana kerja yang mengacu pada tahun 2022 atas hasil penelitan awal pada tahun 2021 di tiga kabupaten yang ada di provinsi Jawa Tengah yaitu : Wonosobo, Temanggung, dan Magelang maka pada tahun 2022 ini dilakukan penelitian/riset lebih dalam dan terimplementasinya dengan keberadaan cabang provinsi Jawa Tengah di kabupaten Magelang.

Pada tanggal 26 Mei 2022 Penelitian dan Pengembangan (LITBANG) KSPPS Baytul Ikhtiar melakukan kegiatan diskusi serta menyusun sebuah strategi teknis dalam riset dan penelitian untuk pembukaan cabang utama pada Provinsi Jawa Tengah.

Metode peneletian menggunakan Teknik observasi, ethnografi, survey, kualitatif dan kuantitatif. Langsung kepada masyarakat, stakeholder, para pengusaha sayuran dan tani. Selain Teknik diatas penelitian juga mencari potensi wilayah dan titik kantor. Mencari kepadatan pemukiman dan jarak. Estimasi cabang pertama di kecamatan PAKIS.

Selain potensi wilayah di Jawa Tengah, dari hasil riset yang sudah dilakukan bagaimana pengembangan produk selanjutnya yang sesuai dengan kondisi wilayah. Dimana disetiap wilayah akan berbeda dari segi potensi usahanya.

Hasil riset litbang bagaimana pengembangan produk dengan metode design thinking. alur proses empathize map, customer journey map (siklus matapencaharian), buyer persona, bisnis model canvas.

Pembukaan cabang diestimasikan tahun 2022, minimal bulan agustus 2022 seiring dengan proses legalitas nasional.

Adapun untuk kebutuhan SDM Local di Jawa Tengah sangat dibutuhkan oleh lembaga, guna untuk membuka lapangan kerja di Jawa Tengah khususnya di Magelang. Litbang pun menyebar loker dengan menggunakan brosur yang sudah di sediakan.

Bagikan Ke:

Populer