(0251) 8311342
koperasi.baik@gmail.com
Komplek Pertanian Jl. Siaga No 25 Loji Bogor
blog-img
30/03/2022

RAPAT ANGGOTA TAHUNAN PARIPURNA TAHUN BUKU 2021

KSPPS BAYTUL IKHTIAR | Rapat Anggota Tahunan RAT

RAT atau singkatan dari Rapat Anggota Tahunan merupakan agenda wajib setiap badan usaha koperasi, karena di dalamnya dibahas tentang pertanggungjawaban kinerja pengurus koperasi selama satu tahun kepada anggota koperasi yang bersangkutan.

Rapat Anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi didalam pengambilan keputusan di koperasi, sebagai pelaksanaan prinsip demokrasi, transparansi dan akuntabilitas dalam tata kelola koperasi. Semakin banyak anggota yang terlibat maka akan semakin baik dan dapat menghasilkan keputusan sesuai dengan kebutuhan anggota koperasi.

Alhamdulillah, Segala Puji Bagi Allah Swt Koperasi Simpan Pinjam & Pembiayaan Syariah Baytul Ikhtiar (KSPPS-BAIK) telah melaksanakan rangkaian kegiatan rapat anggota untuk masa kinerja tahun 2021.

Dalam rapat ini juga dihadiri oleh para tamu undangan diantaranya Kepala Dinas Koperasi Provinsi Jawa Barat Bpk. Drs. Kusmana Hartadji yang dalam sambutannya mengapresiasi capaian yang diraih KSPPS Baytul Ikhtiar selama tahun 2021.

Pria yang lebih akrab dipanggil dengan Pak Tutus ini mengatakan bahwa, perlunya dukungan penuh setiap pihak untuk membangun sektor ekonomi kecil masyarakat. Tumpuan besar diantaranya adalah eksistensi koperasi yang hadir ditengah-tengah masyarakat. Akses permodalan serta pendampingan usaha anggota menjadi kunci pemulihan usaha masyarakat pasca pandemi ini, sehingga menjadi selaras juga dengan moto RAT KSPPS BAIK Bangkit Tumbuh & Berbagi Bersama Anggota, terlebih rencana tahun kerja di 2022 ini KSPPS BAIK berencana merubah anggaran dasar seiring dengan pembukaan akses layanan ke Provinsi Jawa Tengah.

Tamu undangan lain pada RAT yang digelar pada hari sabtu 26 Maret 2022 ini adalah Dekopinda Kota & Kabupaten Bogor, Dinas Koperasi & UMKM Kota & Kabupaten Bogor, serta PUSKOPSYAH (Pusat Koperasi Syari’ah) Jawa Barat. Salah satu ciri khas Koperasi Syari’ah adalah melaksanakan prinsip transaksional berbasis syariah, selain itu kehadiran Lembaga Baytul Maal Ikhtiar juga dianggap memiliki peran penting dalam sebuah koperasi syari’ah. KSPPS BAIK telah 2 tahun lebih menginisiasi keberadaan Baytul Maal yang ditujukan khusus untuk dapat melakukan peran-peran penting sosial masyarakat, diantaranya penyaluran santunan, bantuan-bantuan kemusibahan, bencana, hingga penyaluran ziswaf (Zakat, Infaq, Shodaqoh & Wakaf). Sehingga cukup wajar bila tema BANGKIT TUMBUH DAN BERBAGI yang diusung panitia dalam kegiatan RAT ini mampu menyemangati seluruh elemen KSPPS BAIK mulai dari jajaran dewan pengurus, para pendamping lapangan, hingga anggota.

Selisih Hasil Usaha anggota yang ditahun sebelumnya mengalami kerugian dengan menunjukkan hasil minus, untuk tutup buku tahun 2021 telah kembali surplus, meskipun belum signifikan. Hal ini cukup mendorong motivasi dilevel manajemen untuk merencanakan setiap aspek kinerjanya agar tumbuh ditahun 2022 ini, yang tentunya dengan ukuran yang realistis. Semoga Tahun 2022 akan tumbuh lagi seiring dengan semangat kebangkitan ekonomi para anggota. (Aamiin)

Bagikan Ke:

Populer