(0251) 8311342
koperasi.baik@gmail.com
Komplek Pertanian Jl. Siaga No 25 Loji Bogor
blog-img
21/03/2023

RAPAT ANGGOTA TAHUNAN KSPPS BAYTUL IKHTIAR TAHUN BUKU 2022

KSPPS BAYTUL IKHTIAR | Kegiatan Internal

Bogor (Sabtu, 18 Maret 2023) –

Pada hari Sabtu tanggal 18 Maret 2023 bertempat di Hotel Savero Style Bogor, telah dilaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) KSPPS Baytul Ikhtiar Tahun Buku 2022.

Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baytul Ikhtiar (KSPPS BAIK) merupakan institusi legal yang harus tunduk pada aturan yang berlaku. Sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menegah Nomor 19 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Rapat Anggota Koperasi Bab III Pasal 4 ayat (1) yang menyebutkan bahwa Rapat Anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi didalam pengambilan keputusan di Koperasi. Pelaksanaan Rapat Anggota Koperasi merupakan acara rutin yang bukan sebatas perhelatan biasa, akan tetapi merupakan kegiatan yang cukup sarat makna, diantaranya sebagai wujud prinsip demokrasi dan transparansi pengelolaan Koperasi kepada para anggota. Pada akhir tahun 2022 KSPPS Baytul Ikhtiar mempunyai 46.264 anggota yang tersebar di 25 Cabang yang ada di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

 

Acara Rapat Anggota Tahunan KSPPS Baytul Ikhtiar Tahun Buku 2022 ini dihadiri oleh Pengurus, Pengawas, Dewan Pengawas Syariah, perwakilan anggota dari seluruh wilayah layanan KSPPS Baytul Ikhtiar yang tersebar di Propinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah. Selain dari itu acara ini juga di hadiri oleh perwakilan dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Propinsi Jawa Barat, perwakilan Dinas UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kota Bogor, perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bogor, Ketua Dekopinda Kabupaten Bogor, Perwakilan Dekopinda Kota Bogor, Ketua Puskopsyah Kabupaten Bogor serta para Mitra KSPPS Baytul Ikhtiar.

Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) KSPPS Baytul Ikhtiar Tahun Buku 2022 ini dilaksanakan secara hybrid, yaitu Pengurus menyelenggarakan Rapat Anggota secara langsung yang bertempat di Hotel Savero Style Bogor yang dihadiri oleh Pengurus, Pengawas, Dewan Pengawas Syariah, perwakilan Anggota seluruh cabang yang ada di Bogor Raya dan tamu undangan lainnya. Sedangkan perwakilan anggota-anggota yang berada di cabang luar Bogor menghadiri acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) ini melalui konferensi jarak jauh dalam jaringan (daring) atau video conference (zoom).

Adapun tema kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) KSPPS Baytul Ikhtiar Tahun Buku 2022 ini adalah “MENGUATKAN UMKM DAN MEMPERLUAS PELAYANAN”

Hal tersebut didasari atas kondisi KSPPS Baytul Ikhtiar saat ini, dimana KSPPS Baytul Ikhtiar tengah fokus dalam penguatan UMKM melalui program peningkatan kualitas produk UMKM anggota (pembuatan NIB, PIRT dan sertifikasi halal) dan program peningkatan pemasaran produk UMKM anggota melalui kerja sama dengan pelaku usaha dan pelatihan pemasaran secara online.

Dalam sambutannya, Ketua Pengurus KSPPS Baytul Ikhtiar yaitu Bapak Latif Efendy menuturkan bahwa KSPPS Baytul Ikhtiar pada 16 Agustus 2022 telah resmi menjadi Koperasi Primer tingkat Nasional sehingga KSPPS Baytul Ikhtiar siap melayani anggota di seluruh wilayah Indonesia. Tidak hanya perluasan wilayah layanan namun KSPPS Baytul Ikhtiar juga melakukan pengembangan produk yaitu dengan adanya produk pembiayaan individu untuk para anggota.

Pada RAT kali ini tidak sebatas penyampaian Laporan Pertanggungjawaban maupun Rencana Kerja saja namun dilakukan pemilihan dan penetapan Pengurus, Pengawas dan Dewan Pengawas Syariah.

Adapun susunan Pengurus KSPPS Baytul Ikhtiar periode 2023-2027 yaitu :

Ketua             :  Latif Efendy

Sekretaris      :  Abdul Syukur Sekarmaji

Bendahara    :  Titin Prasetyawati

Susunan Pengawas KSPPS Baytul Ikhtiar periode 2023-2027 yaitu :

ketua            :    Ahmad Choliq Hafidz

Anggota 1    :    Akhad Syarif Santoso

Anggota 2    :    Anita  

Susunan Dewan Pengawas Syariah KSPPS Baytul Ikhtiar periode 2023-2027 yaitu :

Ketua           :   Drs. Zafruddin

Anggota       :   Maulana, S.H.I., M.E.

 

Acara RAT ini bertambah meriah dengan adanya pembagiaan doorprize disela-sela acara untuk para anggota diseluruh wilayah layanan KSPPS Baytul Ikhtiar, dan tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara RAT ini, baik para mitra maupun sponsor diantaranya BPRS Botani Bina Rahmah, BSI Cabang Sudirman, BPRS Bina Amwalul Hasanah, BPRS Mulia Berkah Abadi, BPRS Amanah Ummah, PT Inisiatif Membangun Negeri (IMANI), BPJS Ketenagakerjaan, PT Holland Water dan semua pihak yang telah mendukung acara ini.

Acara dilanjutkan dengan pengesahan-pengesahan dan ditutup dengan do’a. Semoga kehadiran KSPPS Baytul Ikhtiar dapat memberikan lebih banyak manfaat baik bagi anggota maupun bagi masyarakat pada umumnya.

 

Bagikan Ke:

Populer